Minggu, 14 Maret 2010

WAFATNYA, GRAND SYEIKH AL-AZHAR




Innalillahi wa inna ilaihi raji'un
.

Syeikhul Azhar, Syeikh Muhammad Sayyid Tantawi rahimahullah menghembuskan nafasnya yang terakhir di Riyadh, Arab Saudi pada usianya yang 82 tahun. Beliau wafat pada pagi hari, (Rabu) 10 Maret 2010 akibat serangan jantung sebagaimana yang diberbagai media, pada saat melakukan kunjungan ke Riyadh. Tujuan beliau ke Riyadh ialah untuk menghadiri majelis Anugerah Al-Malik Faisal. Ketika berada di Bandara Internasional Al-Malik Khalid, Riyadh, beliau terkena serangan jantung secara tiba-tiba spadahal sebelumnya beliau tidak mengeluh sakit apapun dan dalam keadaan sehat. saat itu, beliau dalam perjalanan pulang ke Kaherah. Beliau kemudian dibawa ke rumah sakit dan disanalah beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Puteranya, Amru Muhammad Sayyid Tantawi menyampaikan bahwa, keluarga sepakat bahwa ayahnya akan dikebumikan di Tanah Pemakaman Baqi' di Madinah Al-Munawwarah.

Profil Syeikh Muhammad Sayyid Tantawi rahimahullah

Syeikh Muhammad Sayyid Tantawi dilahirkan pada bulan Oktober tahun 1928 di Kampung Salim As-Syarqiyyah di Muhafazah Sohaj di So'id Misr. Beliau menghafaz Al-Quran dan belajar di Iskandariah/Alexandaria, Mesir.

Memperoleh PhD dalam bidang Hadith dan Tafsir pada tahun 1966 dengan pangkat Mumtaz (cemerlang). Bekerja sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ushuluddin, kemudian beliau mengajar di Libya selama 4 tahun dan di Madinah Al-Munawwarah pula sebagai Dekan Kuliyyah Ad-Dirasat Al-'Ulya di Universitas Islam Madinah. Kemudian, beliau kembali lagi ke Kaherah.

Pada 28 Oktober 1986, beliau dilantik menjadi Mufti Kerajaan Negara Mesir. Pada tahun 1996, beliau dilantik menjadi Syeikhul Azhar.

Beliau merupakan salah seorang di kalangan ulama terkemuka di Al-Azhar yg mahir dalam bidang Tafsir dan mempunyai karya-karya ilmiah yang berkualitas.

Pribadinya

Syeikh Sayyid Tantawi walaupun seorang yang berkedudukan tinggi di dalam kerajaan Mesir, namun sedikit pun tidak memberikan kesan kepada kehidupannya. Malah terkenal sebagai seorang yang zuhud, tenang dan rendah hati. Karya tulis dari goresan kalamnya mampu menyentuh hati siapapun yang ingin memahaminya.

Syeikh Sayyid Tantawi merupakan seorang yang sangat gemar membaca dan terlalu asyik jika membaca, sehingga diceritakan beliau terpaksa menyuruh salah seorang pembantunya untuk menunggu dan mengingatkan kepada beliau apabila telah datangnya waktu sholat. Ini dikarenakan jika beliau membaca pada pagi hari, maka beliau akan selesai membaca jika telah masuk waktu shalat Zuhur. Ini adalah sesuatu yang rutin dalam kehidupan beliau.

Karya-karyanya

- Bani Israel fi Al-Quran wa As-Sunnah (1969)

- At-Tafsir Al-Wasit li Al-Quran Al-Karim (1972)
- Al-Qissah fi Al-Quran Al-Karim (1990)
- Muamalat Al-Bunuk wa Ahkamuha As-Syar'iyyah (1991)



Semoga Allah menempatkan beliau bersama para anbiya dan solihin. Amin.


GEMA AL-QUR'AN

Listen to Quran

MASJID AGUNG KARIMUN