Rabu, 17 November 2010

HUJAN MEMBASAHI KARIMUN, QURBAN BERJALAN LANCAR


Pelaksanaan shalat 'Idul Adha Kabupaten Karimun dimulai pukul 07.15 WIB (17/10) di Masjid Agung Karimun. Shalat 'Id yang diimami oleh Ustadz Muhammad Asyrof Al Hafidz, Khatib Bapak H.Azhar Hasyim, BA (Ketua MUI dan IPHI Kabupaten Karimun) dan Bilal Ustadz Ahmad Sulaiman ini berlangsung dengan khidmat. Hujan yang mengguyur Pulau Karimun dan sekitarnya disertai dengan petir dan guruh memberikan nuansa tersendiri dalam keheningan dan kekhusyukan pelaksanaan shalat pada hari raya 'Idul Adha tahun ini.
Dalam kata sambutannya, Bupati Karimun, Bapak Dr.H.Nurdin Basirun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang dicurahkan dan menjadikan diri untuk lebih peka terhadap bencana yang menimpa saudara-saudara kita dibelahan bumi Nusantara. Bupati juga menyampaikan bahwa bantuan untuk korban bencana dari masyarakat Kabupaten Karimun akan segera disampaikan kepada para korban bencana, menunggu instruksi dari Gubernur Kepulauan Riau agar dapat serentak dalam penyerahan nantinya.
Sebelum pelaksanaan shalat 'Idul Adha ini dilaksanakan, terlebih dahulu Kepala Rumah Tangga Masjid Agung Karimun, Ustadz H. Zulfan Batubara menyampaikan kaifiyat shalat 'id agar pelaksanaan shalat 'id dapat berlangsung sesuai dengan tuntunan dan sunnah Rasulullah SAW.
Khutbah yang disampaikan oleh khatib berisi makna yang sangat dalam seputar ibadah qurban dan bagaimana sikap kita sebagai umat Muslim dalam menghadapi berbagai bencana yang terjadi di negeri ini. Sebagai umat muslim, khatib mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga perilaku dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar bumi Karimun ini menjadi bumi yang dirahmati dan kita semua dilimpahkan Allah dengan kasih sayang.

Setelah pelaksanaan shalat 'Id, jamaah tidak bisa langsung pulang ke rumah masing-masing karena lebatnya hujan yang turun mengguyur bumi Karimun. Suasana ini ternyata mengandung hikmah tersendiri, jama'ah mempererat silaturahim dengan bercengkerama, begitu juga Buapati Karimun, Wakil Bupati KArimun, Kepala Kementerian Agama dan beberapa tokoh masyarakat terlihat akrab berbincang walaupun hujan petir menggelegar.
Prosesi penyembelihan hewan qurban berlangsung di pelataran manasik haji Masjid Agung Karimun, dibuka dengan doa oleh Ustadz H. Zulfan Batubara, lalu pengarahan dan sambutan dari Bupati Karimun dan dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban kepada panitia qurban yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Pelaksana Harian Masjid Agung Karimun, Dr.H.T.S Arif Fadillahm M.Si. Penyembelihan hewan qurban berlangsung khidmat dan semarak, tujuh ekor lembu dan satu kambing pun disembelih bergantian oleh hampir 30 orang panitia yang berasal dari masyarakat sekitar MAsjid Agung Karimun. Ardi MAK.

GEMA AL-QUR'AN

Listen to Quran

MASJID AGUNG KARIMUN