Jumat, 03 Desember 2010

BULETIN JUM'AT - AL QALAM EDISI 34 - MASJID AGUNG KARIMUN




Membentuk Generasi yang Mencintai Alquran

Alquran Al Karim adalah firman Allah SWT seru sekalian alam yang diturunkan dalam bahasa Arab. Darinya, terpancar cahaya petunjuk dan hidayah. Allah SWT telah berjanji akan selalu menjamin keautentikan dan keorisinilan Alquran dan menjaganya dari segala upaya distorsi dan penyelewengan terhadap isinya sampai hari kiamat. Alquran juga merupakan pedoman hidup sekaligus sebagai pelita hati dan pelipur lara bagi kaum Muslimin.
Oleh karena itu, Kerajaan Arab Saudi sejak didirikan oleh Yang Mulia Raja Abdul Aziz Abdurrahman Al Su’ud, selalu berjalan menurut koridor-koridor. Di kerajaan ini, Alquran dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum. Semua tatanan, struktur, dan perundang-undangan yang ber laku diatur berdasarkan ketentuan dan petunjuk Alquran. Baik dalam tatanan teoritis maupun praktis. Karena itulah, negeri ini memberi perhatian yang amat serius kepada Alquran dengan mencetaknya dalam jumlah yang tidak terbilang, untuk disebarluaskan dan dibagibagikan secara cuma-cuma ke seluruh penjuru dunia.
Bahkan, di Kota Madinah Al-Munawwarah, dibangun kompleks terbesar untuk untuk percetakan dan penerbitan mushaf Alquran beserta terjemahan maknanya, dengan nama Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Al-Mushaf Al- Syarif. Bahkan, kompleks ini boleh dikatakan sebagai pencapaian yang paling spektakuler yang telah diwujudkan oleh pemerintahan Sang Pelayan Dua Kota Suci, Yang Mulia Raja Fahd bin Abdul Aziz. Selain itu, Kerajaan Arab Saudi juga sangat konsen terhadap pengajaran Alquran bagi anak-anak negeri di semua jenjang pendidikan. Hal itu mereka realisasikan dengan mendirikan sekolah-sekolah khusus di bidang tahfiz atau hafalan Al-qur an, dan lembaga-lembaga yang bertugas mengawasi segenap aktivitas halaqah tahfiz Alquran di masjid-masjid. Juga, dengan cara mem beri bantuan materiil dan moril dan memuluskan segala cara, yang ditempuh demi terlaksananya misi yang luhur ini.
Sebagai salah satu bukti dari perhatian Kerajaan Arab Saudi terhadap Alquran ini, Pemerintah Kera jaan Arab Saudi menye lenggarakan kegiatan Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dalam skala nasional dan internasional. Di antaranya, Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadis yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia ini. Yang dari tahun ke tahun, pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Jakarta, bekerja sama dengan pihak-pihak yang ada di Indonesia.
Tujuan musabaqah Setidaknya ada empat tujuan umum diselenggarakannya musabaqah ini. Pertama, membentuk generasi-generasi yang mencintai dan mengaplikasikan ajaran-ajaran Alquran dan Alhadis dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, menjalin kerja sama dan mempererat tali ukhuwah antara pihak Kerajaan Arab Saudi dalam hal ini diwakili Kantor Atase Agama Ke dutaan Besar Arab Saudi dan berbagai pihak di seluruh Indonesia. Ketiga, menyebarluaskan syiar Islam dengan menggalakkan hafalan ayat-ayat Alquran dan matanmatan Alhadis. Keempat, mem bu mikan ajaran-ajaran Al-quran dan Alhadis dalam kehidupan sehari-hari. Sementara tujuan khususnya, untuk hafalan Alquran, pertama, mencari kader-kader yang berkualitas dalam menghafal Alquran. Kedua, mendukung pondok-pondok pesantren Islam yang konsen dalam bidang tahfiz Alquran. Ke-tiga, menjalin hubungan dengan para penghafal Alquran di seluruh Indonesia. Tujuan khusus hafalan hadis. Pertama, mencari kader-kader peng hafal hadis yang unggul. Kedua, menghidupkan kembali kajian dan hafalan Alhadis, mengingat sedikitnya orang pada saat ini yang menekuni bidang tersebut. Ketiga, menjalin hubungan dengan para penghafal hadis. (Republika)

GEMA AL-QUR'AN

Listen to Quran

MASJID AGUNG KARIMUN