Selasa, 19 Oktober 2010

1.634 SANTRI TPQ DI WISUDA DI TIGA PULAU OLEH PEMERINTAH KABUPATEN KARIMUN



Karimun - Sekitar 1.657 Santri TPQ se-Kabupaten Karimun diwisuda secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Karimun (13-14/10). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, wisuda santri yang di bawah koordinasi BMPG-TPQ Kabupaten Karimun ini diadakan bertahapdi tiga pulau besar Kabupaten Karimun. Rangkaian acara wisuda dimulai di kediaman Bupati Karimun dengan jumlah santri sekitar 705 orang. Pada kata sambutannya, Bupati Karimun, Dr.H.Nurdin Basirun mengatakan bahwa generasi Karimun dipersiapkan sejak dini guna persiapan pembangunan Kabupaten Karimun di masa yang akan datang. 
Wisuda santri yang digelar dalam rangkaian Peringatan HUT Kabupaten Karimun ke-11 ini berlangsung dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh ratusan masyarakat yang terdiri dari para santri, orang tua santri, guru-guru TPQ dan para tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar. Wahyu Amirullah, A.Md., Ketua BMPG-TPQ Kabupaten Karimun menyampaikan bahwa dengan diwisudanya santri-santri TPQ ini, menandakan bahwa perkembangan TPQ Karimun sudah sangat maju dan ditambah lagi dengan perhatian pemerintah yang sangat intens baik terhadap santri, ustadz-ustadzah serta fisik dari TPQ itu sendiri.


Dari kiri atas: Bupati Karimun, Dr.H.Nurdin Basirun; Wakil Bupati Karimun, Drs.H.Aunur Rafiq, M.Si..; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs.H.Erman Zaruddin;dan Ketua BMPG-TPQ Kabupaten Karimun, Wahyu Amirullah, A.Md.
Sementara itu, keesokan harinya pelaksanaan wisuda santri diadakan di Gedung Balai Pemuda Tanjung Batu (14/10). Wisuda santri diadakan pada pagi hari dan dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun, Drs.H.Aunur Rafiq beserta rombongan. Tampak dalam rombongan tersebut, Sekretaris Daerah Karimun, Drs.H.Anwar Hasyim,M.Si.,; Kepala Kakankemenag Karimun, Drs.H.Erman Zaruddin; Kadispenda Karimun, Dr.H.T.S.Arif Fadillah yang juga Ketua Pelaksana Harian Masjid Agung Karimun; Kabag Kesra, Drs.Zifriddin; Kabag Perlengkapan, Drs.Fajar Harison Abidin, M.Si.; Para Camat dan Kapolsek serta tokoh -tokoh masyarakat. 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karimun mengajak segenap elemen masyarakat untuk terus memajukan dan mengembangkan Karimun serta mendukung upaya pemerintah dalam merangkai pulau membangun negeri. Kakankemenag Kabupaten Karimun, dengan beberapa bait pantunnya ia berpesan agar wisuda ini sebagai semangat untuk menjadi generasi yang terus belajar dan menggapai wisuda-wisuda lainnya guna menjadi generasi Karimun yang dapat dibanggakan.

Dari atas : Para Santri TPQ, Bupati Karimun dan Pengurus BMPG-TPQ, Paduan Suara Santri Kundur, dan Para Santri yang berdoa sebelum di wisuda


Setelah mewisuda 657 santri di Tanjung Batu, maka rombongan bergerak menuju Pulau Moro dengan menggunakan ferry yang dicarter khusus. Di Moro, rombongan disambut oleh 215 santri yang akan diwisuda dan para tokoh masyarakat di halaman Kantor Kecamatan Moro sekitar satu kilometer dari dermaga. Acara berlangsung dengan sukses dan diakhiri dengan foto bersama para santri. Berikut ini jumlah para santri yang diwisuda di masing-masing kecamatan :
1. Kecamatan Karimun : 287 orang
2. Kecamatan Tebing : 216 orang
3. Kecamatan Meral : 245 orang
4. Kecamatan Buru : 31 orang
5. Kecamatan Kundur : 321 orang
6. Kecamatan Kundur Utara : 177 orang
7. Kecamatan Kundur Barat : 142 orang
 8. Kecamatan Moro : 166 orang
9. Kecamatan Durai : 49 orang
(Ardi, MAK)

GEMA AL-QUR'AN

Listen to Quran

MASJID AGUNG KARIMUN